Hai sahabat rom'ers yang tetep setiap di blog kesayangan kita semua, kembali kami akan bagikan tutorial - tutorial seputar smartphone android, untuk postingan kali ini admin akan membahas cara fix region miui secara ampuh dan terbukti berhasil di terapkan di miui 10 / miui 11.

Cara Fix Region Rom Miui 11 Terbaru

Bagi anda pengguna ponsel pintar xiaomi yang hobi gonta - ganti rom pastinya tidak asing dengan permasalahan tentang region / lokasi yang tidak bisa di rubah selain region china, terkadang masalah tersebut muncul ketika kita habis upgrade rom miui ke versi tertentu, dan kejadian yang baru mimin alami masalah tersebut muncul ketika upgrade ke rom miui 11 v11.0.5.0 global stable di ponsel redmi note 4x (mido).

Masalah lokasi error tidak bisa ganti lokasi kemungkinan besar di karena bug dalam rom tersebut, dalam beberapa kejadian, saat kita telah sukses melakukan instal stock rom MIUI terkadang muncul error pada bagian lokasi.

Untuk mengetahui apakah menu region mengalami error bisa anda cek di menu Pengaturan > Lainnya (setelan tambahan) > Lokasi  dan menunjukan negara china, apabila di tekan akan mental dan tidak bisa dirubah. itu berarti rom yang anda gunakan terdapat bug region seperti yang kami jelaskan tadi.

Sebetulnya bug region error ini bukan masalah besar pada rom xiaomi, dan tidak mempengaruhi kinerja dari rom tersebut. akan tetapi bila tidak segera di perbaiki akan berimbas pada tema (theme).

Jika tetap memakai lokasi china, anda tidak dapat mengunduh tema di theme manager, nanti akan muncul error saat proses download.

Baiklah di bawah ini kami sudah menyiapkan file khusus untuk fix region rom miui ponsel anda, ada 2 cara yang bisa kita coba untuk memperbaiki lokasi yang tidak bisa dirubah, akan tetapi cara dibawah ini mewajibkan ponsel dalam posisi rooted dan terinstal TWRP recovey.

1. Fix region Via TWRP


Pilihan pertama yaitu dengan bantuan custom recovery TWRP, kenapa harus pakai TWRP? ya.. karena file yang kita gunakan harus di flash menggunakan TWRP. silahkan download file tersebut dibawah ini.

Download Fix Region Miui


  1. Fix_Region_1.zip / Mirror
  2. Fix_Region_Fix_2.zip / Mirror


Cara instal fix region miui via twrp


  • Download file fix region diatas.
  • Masuk menu twrp dengan cara tekan Vol + (atas) dan Power secara bersamaan.
  • Apabila sudah masuk TWRP, pilih menu "Mount" kemudian centang bagian system.
  • Kemudian kembali ke tampilan awal, lalu klik "Install" dan pilih file fix_region_miui.zip
  • Setelah sukses pilih "Reboot System".
  • Ponsel akan restart ke system, dan tunggu sampai masuk homescreen.


Setelah masuk ke tampilan utama, silahkan cek di menu Pengaturan > Lainnya (setelan tambahan) > Lokasi dan coba untuk merubah ke lokasi indonesia, jika bisa di rubah berarti cukup dengan cara pertama saja anda melakukan fix region ini.

Apabila dengan cara pertama tetap tidak bisa merubah lokasi, silahkan ikuti tutorial kedua di bawah ini yang sudah kami coba terbukti ampuh untuk merubah lokasi ke indonesia.

2. Fix Region Via edit build.prop


Ya, seberti judul nya kita akan melakukan edit pada file system build.prop. kami saran kan untuk edit nya menggunakan aplikasi root explorer. bisa gunakan yang free / berbayar.

Cara fix region via root explorer


  1. Download root explorer, kemudian instal di ponsel anda.
  2. Buka rotex, dan masuk bagian system kemudian pilih "build.prop".
  3. Klik dan tahan file build.prop lalu klik dibagian kanan atas ada titik 3, dan pilih "Open in Text Editor".
  4. Setelah text editor terbuka, sisipkan perintah ini dibagian bawah build.prop.
    persist.sys.timezone=Asia/Jakarta
    ro.miui.region=ID
    ro.miui.cust_variant=id
  5. Kemudian pilih "Save & Exit".
  6. Reboot ponsel anda.

Setelah reboot silahkan cek kembali bagian region / lokasi nya, bila sudah ganti indonesia berarti cara ke 2 ampuh untuk memperbaiki lokasi yang error tersebut.


Itulah tutorial cara mengatasi xiaomi tidak bisa ganti lokasi yang sudah kami berikan, semoga 2 cara diatas bisa berguna untuk anda yang lagi mencari cara fix region miui.

Apabila bermanfaat silahkan bantu like & share ke media sosial favorite anda.