Di halaman ini saya akan membagikan link download firmware samsung a20 sm-a205f terbaru sebagai bahan flash ponsel anda, file rom yang akan kami bagikan berbentuk file arsip zip atau rar.

Samsung galaxy A20 dengan code model SM-A205F pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 dengan mengusung operasi sistem android pie (9).

Akan tetapi pihak pengembang terus menerus memberikan update firmware terbaru yang sampai sekarang ini telah mendapatkan versi android 9.0 (pie), dan semoga kedepannya tetap dapat pembaharuan versi android yang lebih baru lagi, seperti android 10 (Q).

Firmware Samsung Galaxy A20 SM-A205F Indonesia
Samsung Galaxy A20

Spesifikasi Samsung Galaxy A20
Display 6.4 inches, Super AMOLED HD + (720 × 1560 pixels), 19.5:9 ratio (~268 ppi density)
OS Version Android 9.0 (Pie)
Sim Dual Sim, Dual Standby
Chipset Exynos 7884
Cpu Octa-core 2x 1.6GHz & 6x 1.35GHz
Storage 32 GB
Ram 3 GB
Camera 13+5MP / 8MP

Selain membagikan firmware samsung a205f indonesia, dihalaman ini saya juga akan membagikan cara flash hp samsung a20 agar ponsel kamu bisa selalu update dengan pembaharuan firmware yang sudah disediakan pihak resmi samsung.

Tujuan melakukan instal ulang samsung a20 ini yaitu agar ponsel kamu bisa selalu up to date perangkat lunaknya, dengan cara melakukan update firmware samsung a20 ke versi yang terbaru. atau bisa untuk downgrade firmware di versi sebelumnya.

Untuk saat ini versi android yang tersedia untuk samsung galaxy a20 adalah android pie (9.0),semoga kedepannya nanti mendapatkan update versi android Q (10) atau yang lebih baru lagi.

Manfaat lain selain untuk upgrade dan downgrade versi android, flash samsung a205f ini juga dapat di gunakan untuk memperbaiki ponsel yang mengalami kerusakan - kerusakan pada sistem androidnya, seperti bootloop / berhenti di logo, black screen, aplikasi telah terhenti (force close), Lag / kurang responsif, Hapus virus malware,  Lupa pola / sandi (pattern lock), Imei null, atau untuk bypass akun google karena lupa password.

Baiklah, dibawah ini saya sudah menyediakan link download firmware samsung a20 indonesia beserta peralatan - peralatan yang di butuhkan untuk melakukan flashing samsung galaxy a20 seperti Odin flashtool dan Samsung usb driver. Semua nya sudah saya upload di penyimpanan file google drive.


Download Firmware Samsung Galaxy A20 SM-A205F Indonesia


File Name: A205FXXSBCWC5_A205FOLEBCWC5_XID_11.zip
Country: Indonesia (XID)
ROM Version: Android 11 (R)
Build Date: 2023-03-28
Size: 3.9 GB
Download Link: Download / Mirror Link

File Name: A205FXXSABUD2_A205FOLEABUB1_XID_10.zip
Country: Indonesia (XID)
ROM Version: Android 10 (Q)
Build Date: 2021-04-05
Size: 2.9 GB
Download Link: Download / Mirror Link

File Name: A205FXXU2ASFB_A205FOLE2ASFB_XID.zip
Country: Indonesia (XID)
ROM Version: Android 9.0 (Pie)
PDA: A205FXXU2ASFB
CSC A205FOLE2ASFB
Size: 2.59 GB
Download Link: Download / Mirror Link

Back to Content


Download Flashtool & USB Driver Samsung Galaxy A20

Back to Content



Disclaimer:

Jangan lupa membuat cadangan file dan data di ponsel Anda sebelum mem-flash atau meng-install stock rom. Karena ini dapat membantu anda untuk memulihkan data pribadi jika terjadi kesalahan saat selesai flashing. Segala resiko yang terjadi setelah flashing kami tidak bertanggung jawab. jadi pastikan dengan benar kesamaan tipe dan chipset ponsel anda sebelum mengunduh firmware diatas.

Cara Flash Samsung Galaxy A20 SM-A205F Via Odin


  • Download file diatas seperti Odin, USB driver, dan stock rom samsung a20 sm-a205f (pilih salah satu saja).
  • Kemudian lakukan instal driver  di komputer kamu. (lewati langkah ini bila pc kamu sudah ter instal driver samsung)
  • Ekstrak Odin dan firmware ke dalam komputer kemudian letak kan dalam satu folder.
  • Sekarang masuk ke mode download samsung a20 dengan cara matikan ponsel kamu, lalu nyalakan kembali dengan menekan tombol Volume - (Down), Home, dan Power secara bersama - sama sampai keluar tulisan "Warning!!". Kemudian pilih "Continue" dengan menekan Volume + (UP) dan kemudian masuk mode "Downloading".
  • Samsung Download Mode
    Samsung Download Mode
  • Sekarang sambungkan ponsel kamu ke komputer dengan menggunakan Kabel USB (gunakan kabel data yang original)
  • Kemudian jalankan Odin3.exe.
    Jalankan Odin
    Odin3
  • Setelah Odin terbuka,  Odin akan otomatis mendetekasi ponsel samsung kamu dengan tanda tulisan ID:COM dan pesan di Odin Log.
    Ponsel Terdeteksi Odin
    Ponsel Terdeteksi Odin
  • Kemudian klik tombol "PDA" atau "AP"  pada Odin lalu arahkan ke folder firmware dan pilih file tersebut, lalu tekan tombol "Open". 
    Memuat Firmware Samsung
    Memuat Firmware
  • Apabila firmware yang anda download terdiri dari 4 file, lakukan dengan cara klik BL => BL + AP => AP + CP => CP + CSC => CSC. klik 2x pada file tersebut dan otomatis firmware akan termuat ke Odin. contoh seperti gambar dibawah ini:
    Pilih Firmware 4 File
    Pilih Firmware 4 File
  • Apabila sudah di masukan semua dengan benar, Sekarang klik START untuk memulai proses flashing. Proses flashing biasanya memakan waktu kurang lebih 5 menit, tergantung besar kecilnya ukuran firmware ponsel kamu dan tunggu sampai selesai. 
  • Apabila proses flashing sudah selesai akan keluar tulisan PASS! seperti pada gambar di bawah ini:
    Flashing Selesai
    Flashing Selesai
  • Apabila ponsel tidak restart otomatis, Cabut kabel usb dan silakan nyalakan ponsel kamu secara normal.

# Tambahan:

Apabila setelah restart tidak bisa masuk homescreen / bootloop, lakukan hard reset terlebih dahulu agar firmware ter perbaharui dengan sempurna dalam system android, dengan cara:

  1. Posisi ponsel OFF tekan dan tahan tombol Volume Up + Home + Power secara bersama - sama sampai masuk menu recovery.
  2. Kemudian pilih "wipe data/factory reset" dan konfimasi dengan tombol Power.
  3. Lalu pilih "yes - delete all user data" konfirmasi lagi dengan tombol Power.
  4. Terakhir pilih "reboot system now".
  5. Done.
Back to Content


Demikian postingan tentang firmware dan cara flash samsung a20 via pc yang dapat saya bagikan, semoga dapat membantu dalam mengatasi seluruh permasalahan pada ponsel android anda.

Akan tetapi jika terjadi kasus gagal flash kemungkinan kerusakan terdapat pada system hardware nya, jika hardware yang rusak maka hanya dapat di perbaiki dengan cara mengganti komponen yang rusak tersebut.

Apabila artikel ini bermanfaat silahkan bantu like & share ke media sosial favorite anda.